Skip to content

Merap Meletus 2010

October 30, 2010

Merapi Meletus Lagi, 135 Orang Ditemukan Selamat di Mentawai

KabarIndonesia – Sekitar pukul 00.40 WIB, hari Sabtu (30/10), Merapi kembali menyemburkan abu dan awan panas, lava pijar, serta mengeluarkan suara gemuruh keras.

“Erupsi yang terjadi setelah tengah malam itu berlangsung selama 21 menit,” demikian dikatakan Surono, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia.

Menurut Surono, letusan Merapi hari Sabtu tiga kali lebih dahsyat dari letusan sebelumnya pada tahun 1997, 2001, dan 2006. Tidak ada korban tewas dalam letusan kali itu. Namun pihak rumah sakit melaporkan dua orang meninggal dunia dalam kepanikan massal, termasuk seorang perempuan yang tertabrak truk ketika berusaha menyelamatkan diri.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta, Subandriyo mengungkapkan bahwa diperkirakan akan terjadi sejumlah erupsi susulan. Ia juga sudah memperingatkan agar 50 ribu warga yang tinggal di daerah berbahaya untuk tidak kembali ke rumah dari pengungsiannya.

“Kami harus mengevaluasi apakah zona berbahaya perlu diperluas karena kita tidak bisa meremehkan ancamannya. Gunung Merapi sangat, sangat berbahaya,” ungkap Subandriyo.

Banyak warga yang mengungsi kembali ke tempat tinggalnya dengan alasan ingin menjaga ternak dan rumahnya. Hujan abu akibat letusan Merapi Sabtu pagi mencapai 25 km selatan Yogyakarta, demikian dilaporkan kantor berita AFP. Sementara itu sebagian besar wilayah Yogyakarta juga diliputi abu tebal, demikian dilaporkan kantor berita Antara.

Lebih dari 130 Orang Ditemukan Selamat di Mentawai

Setidaknya 135 orang yang dinyatakan hilang dalam tsunami Mentawai ditemukan selamat. Mereka terhindar dari gelombang raksasa tsunami dengan berlari ke perbukitan di berbagai wilayah terpisah di Pagai Utara. Joskamatir, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah mengatakan, “Kami sangat bersyukur telah menemukan banyak orang yang dinyatakan hilang. Kami bekerja sangat keras guna menemukan mereka.”

Lebih lanjut petugas penyelamat menyatakan bahwa kecil harapan untuk menemukan korban selamat dari tsunami yang menghantam kepulauan Mentawai, Senin lalu (25/10). Banyak korban tewas ditemukan di antara puing-puing rumahnya dan di pantai. Banyak korban tewas diyakini terbawa gelombang besar ke lautan ketika tsunami terjadi. Dengan ditemukannya lebih dari seratus orang yang selamat di Pagai Utara, jumlah orang hilang berkurang hingga hampir separuhnya, dari 298 orang menjadi 163 orang. Sementara itu jumlah korban tewas tsunami Mentawai saat ini mencapai 414 orang. (*)

From → UMUM

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: