Skip to content
Tags

Sejarah MS-DOS, Windows, MAC

March 18, 2011

SEJARAH MS-DOS


MS-DOS, singkatan dari Microsoft Disk Operating System, Adalah sebuah Sistem Operasi yang sangat Banyak digunakan oleh komputer atau yang IBM-PC Kompatibel dengannya. sebagai Microsoft MS-DOS membuat sebuah Sistem Operasi current menghentikan sebelum pada akhirnya MS-DOS dukungan Secara perlahan Merek ketika membuat sebuah Sistem Operasi berbasis antarmuka Grafis (Juga dikenal denga sebutan GUI) incorporating Skip untuk, yang disebut sebagai Microsoft Windows.

MS-DOS dirilis Tahuna Pertama kali pada 1981, give Seiringer waktu dengue Microsoft version meluncurkan pun yang baru dari Lebihan MS-DOS. Tidak kurang kali Hinggan Delap Microsoft meluncurkan version-version baru dari MS-DOS Tahuna Hinggan menghentikan 1981 Microsoft MS-DOS dukungan Tahuna pada 2000. MS-DOS saturation salah merupakan kunci keberhasilan Microsoft Lunak Dalam perangkat memproduksi, pembuat Kecil dari sebuah perusahaan Bahasa pemrograman Saat menjadi sebuah perusahaan didirikan Hinggan perangkat seolah Dunia yang menguasai Lunak.

Sejarah
MS-DOS sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer, yang Bernama Seattle Computer Products (SCP) dikepalai yang oleh Tim Patterson – belakangan direkrut yang oleh untuk mengembangkan Microsoft DOS – Tahuna pada 1980 sebagai sebuah perangkat Lunak Sistem Operasi denga nama Q-DOS (singkatan Dari quick and Dirty Operating System), yang namanya menjadi selanjutnya diubah 86-DOS, Q-DOS Karena didesain agar dapat berjalan pada komputer denga prosesor Intel 8086. Microsoft lisensinya pun membeli dengn harga dari Amerika $ 50,000 SCP, Lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Selanjutnya, IBM hendak Saat komputer pribadi yang disebut denga meluncurkan IBM PC, Microsoft menjual lisensi pun MS-DOS kepada IBM.

Pengembangan

IBM gives Microsoft selanjutnya merilis-DOS version version; di mana komputer langsung yang version dibundel IBM IBM PC denga denga disebut , IBM PC-DOS  (singkatan Dari International Business Machine Personal Computer Disk Operating System). awalnya Pada, IBM switched Hanya menggunakan yang digunakan dari layak dirilis MS-DOS Microsoft yang olé, utilitas atau seperti yang programnya disertakannya programming. Karena itulah, IBM version dirilis selalu Lebihan dibandingkan denga Lambat MS-DOS version. Tapi, MS-DOS version 4.0 Adalah Pertama MS-DOS version Benar Benar-yang sama seperti IBM PC-DOS, Microsoft Karena berkonsenstrasi Sedang untuk sebuah penerus DOS mengembangkan Sistem Operasi yang disebut denga OS / 2.

Microsoft, ketika kepada melisensikan IBM DOS, menandatangani perjanjian lisensi yang salah boleh Bahwan poinnya mengandung melisensikan saturation Microsoft MS-DOS IBM selain kepada perusahaan give dipersilakan paragraph mengubah nama perusahaan tersebut MS-DOS Merek yang menjadi nama Günak (contoh: TandyDOS, Compaq DOS, give lainnya). Version-version Kebanyakan tersebut tentu sama Saja yang Telah denga version olé denga dikembangkan Microsoft MS-DOS-nya, tapi Microsoft Lallman mencabut perjanjian lisensinya paragraph perusahaan sehingga menggunakan nama remained Haruz MS-DOS, nama yang sebelumnya Telah bukannya dikustomisasi. IBM Hanya yang diberikan untuk terus menggunakan nama keleluasaan IBM PC-DOS, MS-DOS bukannya.

MS-DOS berkembang pun cukup cepat denga, FITUR denga signifikan FITUR-yang diambil dari beberapa lainnya seperti Sistem Operasi Microsoft Xenix – Varian saturation salah dikembangkan Sistem Operasi yang oleh UNIX Microsoft – give Milik DR-DOS Digital Research, Serta produk-produk utilitas lainnya seperti dari Symantec Norton Utilities Corporation (produk yang seperti diadopsi Microsoft Disk Defragmenter), PC-Tools Central Dari points (produk yang seperti diadopsi Microsoft Anti-Virus), atau diperluas Memori hypermile EMM (Expanded Memory Manager) QEMM Quarterdeck Dari (EMM386 diadopsi seperti produk Yang), hard kompresi (atau disk compression) DriveSpace Dari Stac Electronics, Masih Banyak produk yang lainnya give diadopsi.

Intel Corporation memperkenalkan mikroprosesor Ketika baru yang disebut denga Intel 80286, Microsoft give IBM DOS memulai Proyek Sistem Operasi yang baru disebut pengganti denga OS / 2, Adalah yang pada dasarnya MS-DOS version yang berjalan Dalam modus terproteksi (protected mode). Tapi, Microsoft meninggalkan Proyek OS / 2 tersebut untuk pengembangan pada memfokuskan DIRI Microsoft Windows are Microsoft Windows NT. Digital Research membuat sebuah antarmuka Grafis yang disebut denga GEM, tapi sangat kurang populer pada komputer atau Kompatibel IBM PC. GEM ternyata mendapat pasarnya komputer pada Mesin Atari ST, tapi akhirnya disalip lagi oleh Microsoft Windows 3.0 version dengue.

MS-DOS version
MS-DOS version 1.xx

Ini Adalah Awal di mana version of MS-DOS diluncurkan Pertama kali oleh Microsoft. Isinya, tentu sangat Saja Primitif give Berisi kerangka Hanya Dasar Saja: grafik untuk tidak ada tampilan mengelola Berkes, tidak mendukung Jaring. Pokoknya, DOS version Bersih Pertama dari ini-embelica embelica. Versi Pertama ini Hanya dari DOS IBM PC model 5150 mendukung give perangkat Keras Semu pendukungnya, Hanya seperti mendukung Disket one side floppy disk ukuran 5 ½ berkapasitas denga Saja incidence 160K.

Tahuna Selanga saturation kira-kira, Akan masyarakat di mana produk encourage IBM PC, Microsoft pun untuk membuat perbaikan MSDOS, DOS version are muncullah 1.1. Sebenarnya, olé IBM initiative diakibatkan hal produk yang baru meluncurkan drive double-side Disket untuk ukuran 5 ½ 320k denga berkapasitas incidents. Double-side Penggunaan Bagi sangatlah floppy disk berpengaruh, Karena penyimpanan media tersebut dapat dua kali menyimpan dibandingkan denga Lebihan Banyak Disket one-sided disc. Disket tertawa kapasitas Jangan melihat yang oleh didukung MS-DOS 1.1. Anda tidak akan mendapatkan kapasitas puluhan megabytes gigabytes ataupun. Bahk Masih Saja hard disk microcomputer jarang pada ditemui give memilikinya Hanya yang Apple III.

Setelah ITU menampakkan DIRI untuk Microsoft MS-DOS menjual kepada para kompetitor semacam klon yang membuat IBM IBM PC 5150. Microsoft memberinya version 1.25. Rupa sedemikian didesain Karena menggunakan denga falsafah open architecture, Apple seperti tidak maka give klon terhadap Commodore IBM PC pun dapat dilakukan. Karena Dan itulah give klon IBM PC IBM PC IBM PC yang sangat denga Kompatibel suks di Pasaran. Ini merupakan tiga perusahaan kesuksesan: IBM, Intel, Microsoft give tentu Saja. Hanya saja, memang Skip ITU kala ole digerogoti IBM Compaq, Hewlett-Packard, Dell Computer Corporation Juga give klon yang membuat IBM PC.

MS-DOS version 2.xx

Tahuna Pada awal 1983, meluncurkan IBM PC XT IBM (Technology Extended), sebagai perbaikan dari IBM PC version 5150. IBM PC XT dilengkapi denga sebuah 10M hard drive, Masuka antarmuka / kelu berjenis serial (RS-232 antarmuka Lebihan atau denga dikenal COM) denga kapasitas 128K RAM, 360K drive sebuah double-sided slot ekspansi give tiga buah. Tentu saja, penggunaan beberapa perangkat Keras hard disk baru seperti give berkapasitas unit Disket 360K (40K Lebihan Tinggi dari pada pada double-sided version IBM PC 5150) membutuhkan sebuah Sistem Operasi give Microsoft mengecewakan tidak IBM. Merek denga SIGAP cepat merilis give MS-DOS version 2.0. IBM PC XT Akhirnya denga dibundel IBM PC-DOS 2.0.

MS-DOS version 2.0 memiliki perbaikan Banyak sekali dari MS-DOS 1.1 untuk komputer yang ditujukan IBM PC 5150. Di antaranya dukungan Adalah untuk penggunaan yang hierarkis direktori struktur (bercabang) seperti layaknya Akar yang memiliki sebuah Pohon (root) Cabanga dan (branch). Selain ITU, MS-DOS 2.0 mendukung Juga yang macam dari berbagai fungsi diadopsi UNIX, seperti penggunaan Halny I / O redirection they queue (u0026gt;, u0026gt; u0026gt;, u0026lt; u0026lt; u0026lt;.) Spooler Fitur FITUR Adalah yang dapat menyimpan Berka yang Akan Dalam sebuah dicetak Memori yang tidak Berka penyangga sehingga langsung dicetak dicetak Akan, melainkan terlebih dahulu disimp. Adalah Tujuannya agar proses cepat dapat berlangsung pencetakan Secara Lebihan give direpotkan pengguna untuk tidak Haruz mencetak keseluruhan Jika Habis kertasnya Berka, tombola Kertas melainkan Hanya membutuhkan baru untuk menekan give melanjutkan resume. Sedangkan I / O redirection input berfungsi untuk melakukan fungsi yang dilakukan dari give out perintah baris. Kedu Selain dari yang FITUR diadopsi UNIX, DOS version 2.0 keleluasaan memberikan kepada Anda Juga agar dapat untuk memasang DOS driver, dengue mengintegrasikannya di Dalam konfigurasi Berka CONFIG.SYS.

Ternyata, IBM PC XT komputer ini sangat suks: Bahk kesuksesannya mencapai Jepang. Kanji mendukung untuk Bahasa Jepang, Microsoft memutuskan untuk meluncurkan MS-DOS version 2.05.

Tahuna Pada yang sama, meluncurkan IBM IBM PC Jr. (dibaca: Junior PC). Sayangnya, tidak seperti Kakak-kakaknya, IBM PC Jr. gagal di Pasaran. Ketika diluncurkan, IBM PC IBM PC Jr. memakai-DOS 2.1.

MS-DOS version 3.xx

Meluncurkan IBM IBM PC-AT (Advanced Technology) pada Musim panas 1984. IBM PC AT menggunakan komputer mikroprosesor Intel 80286 (16 bits) berkecepatan 6MHz, berkapasitas RAM disk memory 256K, 1.2M Disket sebuah 5 ¼ incidence, sebuah 20M hard disk, video berwarna give Kartu (standard CGA). Tentu Saja, Microsoft partner bisnis sebagai yang mendukung peluncuran SIGAP Mantap Secara IBM PC-AT version denga TERBARU meluncurkan Juga, MS-DOS 3.0. MS-DOS 3.0 mendukung dimiliki oleh kemampuan yang Semu IBM PC-AT, multitasking kecuali prosesor yang disediakan oleh Intel 80286 MAMPU yang berjalan pada tentunya protected mode.

DOS version 3.0 Adalah fungsi yang dapat mendukung Jaring, walaupun Terbatas denga konsep pada kelompok Jaring Kerjan (Working Group) sebagai sebuah terkoneksi give Klien pada sebuah server. Pengguna dapat menggunakan Teknologi yang dibuat oleh JARING IBM, Token Ring pada Sistem Operasi DOS. Juga mendukung DOS 3.0 disk 3 ½ incidence of low-density yang berkapasitas 720K, DOS 3.3 sedangkan mendukung 3 ½ floppy high density impact berkapasitas 1.44M yang. Dalam DOS version mendukung three Juga dapat pada Partisi hard Hinggan kapasitas yang memiliki 32M, 12M Lebihan dibandingkan denga Tinggi DOS version 2.0.

MS-DOS version 4.xx

Tahuna Pada 1988, Sistem Operasi denga tampilan Grafis Lallman menjamur. Microsoft Windows version 1.0 Tahuna meluncurkan Juga pada Windows 1985 are version 2.0 Tahuna pada 1989. Pada DOS version 4.0 initiative, Microsoft membuat sebuah nama program denga DOS shell Shell, seperti yang memiliki tampilan Milik Executive DOS Windows 1.0 version. ITU Pada Saat, ada sebuah program yang populer shell Juga yang berjalan di ATAS DOS Sistem Operasi, Dengar nama Norton Commander (NC) yang dibuat oleh Peter Norton. Denga menggunakan shell, pengguna dapat mudah Lebihan mengorganisasikan Berka arsip met, the program gives menjalankan, saturation Dalam Layar Saja. Selain ITU, mouse komputer mempermudah pengoperasian Karena dapat, dapat mendukungnya Juga DOS Shell.

Version 4.0 Versi ini merupakan yang Banyak perubahannya fence. Selanjutnya version version-version merupakan perbaikan Saja give utilitas berbagai tambahan.

MS-DOS version 5.xx

IBM memang sudah tidak baru membuat gebrakan-gebrakan mikrokomputer Dalam industrialized Skip Karena yang sebelumnya ini Telah dikuasai IBM Dimak sedikit demi sedikit oleh para kompetitornya, seperti Compaq, Hewlett-Packard, Dell give mikrokomputer Juga Juga yang yang memproduksi Kompatibel denga komputer IBM, Karena menggunakan desain yang sama, mikroprosesor Juga yang sama yang dibuat give ole Intel Corporation. Suks Adalah yang di sini Intel Corporation, Karena mikroprosesor diproduksi Banyak yang digunakan Lebihan Jauhar, Banyak yang akibat permint Lebihan. Karena buat komputer tersebut menggunakan mikroprosesor Intel Corporation, maka yang kedapatan Kedu Adalah suks Microsoft denga DOS-nya. Analis Banyak hal yang ini berpendapat Bahwan disebabkan kegagalan olé IBM IBM PC ketika Merek menjual Jr., Dan IBM P/S2 denga arsitektur Micro Channel Architecture (MCA). Bus yang digunakan oleh MCA IBM P/S2 tidak menggunakan konsep open sebagaimana ISA bus architecture Juga tetapi yang dibuat oleh dengue IBM open architecture. Selain ITU ekspansi menggunakan Kartu, Kartu yang memiliki harga relatif MCA bus Lebihan mahal ISA bus dibandingkan Banyak yang digunakan give ITU Saat menjadi sebuah standar, sehingga di memperlambat penyerapannya mikrokomputer Pass.

Umur memperpanjang memang gagal IBM IBM PC, Microsoft Akan tetapi terus denga meluncurkan mengembangkan DOS MS-DOS version 5.0. 5.0 Versi ini pada Tahuna dirilis 1991, give FITUR yang memiliki berbagai Jauhar Lebihan Baik, device driver Halny seperti yang dapat pada area diinstal 640K Memori di ATAS (HMA), dengue menggunakan parameter Berka DEVICEHIGH pada pada LOADHIGH give konfigurasi CONFIG.SYS Berka AUTOEXEC. MTD memperbanyak kemungkinan sehingga untuk program yang membutuhkan menjalankan conventional memory (memory awal oleh komputer yang dimiliki 640K) yang Lebihan kiss.

Utilitas untuk masalah, Microsoft menambah Banyak sekali utilitas DOS version 5.0 ini Dalam. Di antaranya Berka ASCII editor Adalah teks yang Bernama MS-DOS Editor (EDIT.COM) give Bahasa pemrograman QuickBasic program (QBASIC.EXE). Utilitas dimaksudkan ini untuk yang pada editor menggantikan berorientasi  by baris baris , Edlin.exe yang ada pada DOS version 4.0 are yang sebelumnya.

Selain ASCII editor teks Berka, Microsoft Juga untuk membuat utilitas makro untuk membuat komputer mempercepat denga Kerjan. Program tersebut pembuat dinamakan DOSKEY.COM makro. Ketika dimuat, dapat membuat DOSKEY makro makro give mengeksekusi tersebut. Selain ITU denga DOSKEY dapat menggunakan mempermudah pengetikan perintah yang sama denga perintah sebelumnya sehingga masalah  Capek mengetik  perintah berulang Ulang yang sama-Jauhar Lebihan simpel menjadi mudah dan. untuk melakukannya, pengguna dapat menggunakan Panah tombola ke ke Bawah give ATAS. Fitur seperti ini oleh pada dimiliki Command Windows 2000/XP system.

Utilitas Juga Adalah menarik lainnya yang UNFORMAT.EXE UNDELETE.EXE given. Kedu utilitas tersebut sangat untuk yang Bergun Berka mengembalikan give terhapus yang terformat unit. Mirip UNDELETE.EXE Halny program seperti pada Windows Recycle Bin 95 (seterusnya are yang), Hanya sedikit Saja Merek kelihatan Lebihan rumit dibandingkan denga Recycle Bin yang berjalan pada Windows. UNDELETE.EXE Selain yang berjalan pada command line, DOS version 5.0 ini pada utilitas MWUNDEL.EXE Juga terdapat pada yang berjalan Windows version 3.0, Recycle Bin FITUR sehingga dapat ditemukan Juga pada Windows 3.0.

MS-DOS version 6.xx
MS-DOS version 6.0 dirilis ini pada Tahuna 1993. Versi ini memiliki Banyak utilitas tambahan, seperti Halny Antivirus (MSAV.EXE), virus protection (VSAFE.COM) diadopsi dari yang Central Point PC Tools. Selain ITU utilitas Juga ada untuk melakukan defragmentasi hard disk (Defrag.exe) diadopsi dari yang Symantec Norton Utilities disk utilitas memeriksa untuk dari kesalahan penempatan Berka give kerusakan (SCANDISK.EXE) sebagai pengganti CHKDSK.EXE give dari berbagai perbaikan utilitas Yang ada sebelumnya.

Pada MS-DOS version 6.0 utilitas Juga ini yang dapat membuat menyertakan penempatan Berka denga nama menjadi Lebihan efisio DoubleSpace. akan tetapi, paten yang memiliki sebuah perusahaan tentang hal tersebut sehingga menjadi marah ke Hijau menuntut Microsoft Barrancabermeja. Microsoft gives utilitas pun pun DoubleSpace Kalah Dari dicabut DOS 6.20. Tahuna Akhir 1994, Microsoft DOS 6.20 merevisi denga utilitas Serup paten melanggar tetapi tidak orang nama remained denga DriveSpace. Ini Adalah MS-DOS MS-DOS version 6.22.

MS-DOS version 7.xx

MS-DOS version 7.0 Bulan ini Hanya beberapa dirilis meluncurkan sebelum Microsoft Windows 95, Windows sebuah version yang Benar Benar dari independence MS-DOS. Sebenarnya, 100% Windows 95 tidaklah Benar Benar-Bebas dari MS-DOS, Saja fungsionalitas Hanya beberapa yang memang sebelumnya oleh ditangani core MS-DOS, Windows sekarang ditangani olé. Berka MSDOS.SYS pada yang sebelumnya Adalah version version-hook Berka (program), Hanya sekarang Berka bias teks, yang tentang proses booting komputer Berisi Saja give baris Berisi berbagai macam  xxx  denga fungsi yang tidak attach them.

Peningkatan Banyak yang Tidak terjadi pada DOS 7.00 Karena beberapa fungsi ini ke yang Telah dipindahkan Windows 95. Adalah sebuah Windows 95 Windows version denga tambahan give Win-32 API didesain Ulang yang desktop. Pusat memiliki kontrol Windows 95 Start menu dari pada pojok tombola Bawah Layar kiri Anda monitor. Bered Ketika baru 2 Bulan, Konon sangat sekali mendapatkan Microsoft Untung kissing, Windows 95 Lebihan Karena Telah Hinggan terjual dari 7 juta kopi.

Ketika meluncurkan Microsoft Windows 98, Microsoft Juga menjadi merevisi DOS version 7.10 denga dukungan untuk Sistem yang Jauhar Lebihan FAT32 Berka Berka efisio Sistem daripada FAT16. Dimiliki yang Fungsionalitas MS-DOS 7.10 dipangkas Banyak pun. Hasilnya, Tahuna pada Akhir 1999, Microsoft Windows meluncurkan version Baru, Dengar nama kode Georgia (Windows Millennium Edition) tanpa yang Benar Benar-DOS!

Sebenarnya, Sistem Operasi yang Benar Benar-DOS tanpa pernah sebelumnya dibuat oleh denga Microsoft Windows NT, Windows NT ditujukan Saja Hanya untuk minicomputer Kalanga, Jaring server, mainframes, workstations are Juga. Rumit yang sangat Penggunaannya menjadikannya diadopsi oleh para Pemulen Sulit di bidang komputer.

SEJARAH MS – WINDOWS

Awal Awal Versi-Windows

Windows 1.0

Versi pertama Microsoft Windows, yang disebut dengan Windows 1.0, dirilis pada tanggal 20 November 1985. Versi ini memiliki banyak kekurangan Dalam beberapa fungsionalitas, sehingga kurang Popular di pasaran. Pada awalnya Windows versi 1.0 ini hendak Makan dengan dinas Interface Manager, akan tetapi Rowland Hanson, kepala bagian pemasaran di Microsoft Corporation, Microsoft meyakinkan para petinggi bahwa NAMA  Windows  akan lebih  memikat  consumption. Windows 1.0 bukanlah sebuah Sistema operasi yang lengkap, TAPI hanya kemampuan memperluas MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis. Selain ITU, 1.0 Windows juga memiliki masalah dan yang sama yang kelemahan dimiliki oleh MS-DOS.

Lebih jauh lagi, Apple yang membuat menuntut Microsoft Microsoft membatasi kemampuannya. Sebagai contoh, jendela-jendela di Dalam Windows 1.0 hanya dapat di layar ditampilkan secara  tile  Saja, sehingga tidak dapat jendela tersebut Salinger menimpa Satu Sama lainnya. Selain ITU, tidak ada tempat yang semacam digunakan untuk menyimpan Berka sebelum dihapus (Recycle Bin), Karena memang Apple berkeyakinan bahwa mereka memiliki hak tersebut terhadap paradigms. Microsoft pun kemudian membuang limitasi tersebut dengan Dari Windows menandatangani perjanjian lisensi dengan Apple.

Windows 2.x

Windows versi two pun muncul kemudian pada tanggal 9 December 1987, dan menjadi sedikit lebih Popular dibandingkan dengan pendahulunya. Sebagian Besar populeritasnya didapat kedekatannya Karena dengan aplikasi grafis buatan Microsoft, Microsoft Excel for Windows dan Microsoft Word for Windows. Aplikasi-aplikasi dapat dijalankan Dari Windows MS-DOS, Windows untuk kemudian untuk melakukan memasuki operasinya, dan akan keluar dengan aplikasi tersebut sendirinya Saat ditutup.

Microsoft Windows akhirnya memperoleh peningkatan significance Saat Aldus PageMaker muncul Dalam versi untuk Windows, yang sebelumnya hanya dapat berjalan di atas Macintosh. Beberapa ahli sejarahwan mencatat Komputer ini sebagai sebuah aplikasi yang kemunculan laku secara significance selain sebagai buatan Microsoft Awal kesuksesan Microsoft Windows.

Windows versi 2.0 menggunakan model memoria mode real, yang hanya mampu mengakses memoria hingga one megabit Saja. Dalam konfigurasi seperti ITU, Windows dapat menjalankan aplikasi lainnya multitasking, semacam DESQview, yang berjalan Dalam mode terproteksi yang ditawarkan oleh Intel 80286.

Windows 2.1x

Selanjutnya, versi yang Baru Dua dirilis, yakni Windows/286 2.1 dan Windows/386 2.1. Seperti Halny Windows versi sebelumnya, Windows/286 menggunakan model memoria real mode, TAPI merupakan versi yang pertama yang mendukung High Memory Area (HMA). Windows/386 2.1 bahkan memiliki yang berjalan Dalam kernel mode terproteksi dengan emulasi Expanded Memory Specification (EMS) standard, Lotus-Intel-Microsoft (LIM), pendahulu spesifikasi Extended Memory Specification (XMS) yang kemudian pada akhirnya mengubah topology komputasi di Dalam IBM PC. Semua aplikasi dan berbasis Windows DOS Saat ITU memang berjalan Dalam mode real, yang berjalan di atas kernel mode terproteksi dengan menggunakan mode Virtual 8086, yang merupakan yang Baru Fitur dimiliki oleh Intel 80386.

Versi 2.03 dan kemudian mendapatkan versi 3.0 tuntutan Dari Apple Karena memang versi 2.1 ini memiliki mode penampilan jendela secara Cascade (bertumpuk), selain beberapa Fitur Sistema operasi Apple Macintosh yang  ditiru  oleh Windows utamanya adalah masalah tampilan / appearance. Hakim William Schwarzer akhirnya semua membatalkan 189 tuntutan tersebut, kecuali 9 tuntutan diajukan yang oleh Apple terhadap Microsoft pada tanggal 5 january 1989.

Kesuksesan dengan Windows 3.0

Microsoft Windows akhirnya mencapai yang sangat kesuksesan significance Saat menginjak versi 3.0 yang pada tahun dirilis 1990. Selain menawarkan peningkatan kemampuan terhadap aplikasi Windows, Windows 3.0 juga mampu untuk pengguna mengizinkan menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara serentak (multitasking), Karena memang pada versi ini telah diperkenalkan memoria virtual. Versi ini yang pulalah menjadikan IBM PC dan kompatibelnya penantang serius terhadap Apple Macintosh. Hal ini disebabkan Dari peningkatan Performa pemrosesan Grafik pada waktu ITU (dengan adanya kartu grafis Video Graphics Array (VGA)), dan juga mode terproteksi / 386 Enhanced mode yang mengizinkan Windows aplikasi untuk lebih banyak memakai memoria dengan cara yang lebih mudah dengan dibandingkan APA yang ditawarkan oleh MS-DOS.

Windows 3.0 dapat berjalan di Dalam Tiga mode yakni real mode, standard mode, 386 Enhanced mode dan, dan dengan Your comments prosesor-prosesor keluarga Dari Intel Intel 8086/8088, 80286, 80386 hingga. Windows 3.0 AKAN mencoba untuk mendeteksi mode mana yang digunakan AKAN, meski pengguna dapat memaksa agar bekerja Windows Dalam mode tertentu dengan menggunakan Saja switch switch tertentu Saat menjalankannya

  • Win / r: memaksa Windows untuk berjalan di Dalam real mode
  • Win / s: memaksa Windows untuk berjalan di Dalam mode standard
  • Wins / 3: memaksa Windows untuk berjalan di Dalam Mode 386-extended.
Versi 3.0 juga merupakan versi pertama yang berjalan di Windows Dalam mode terproteksi, meskipun 386 enhanced mode kernel merupakan versi kernel yang ditingkatkan Dari kernel mode terproteksi di Dalam Windows/386.

Karena adanya Fitur compatibility ke belakang, aplikasi Windows 3.0 harus menggunakan dengan lingkungan dikompilasi 16-bit, sehingga sama sekali tidak menggunakan kemampuan mikroprosesor 80386 Intel, yang adalah Notabene prosesor 32-bit.

Windows 3.0 juga hadir Dalam versi  multimedia , yang disebut dengan Windows 3.0 with Multimedia Extensions 1.0, dirilis yang kemudian beberapa Bulan. Versi ini dengan dibundel keberadaan  multimedia upgrade kit , yang terdiri atas drive CD-ROM dan sebuah sound card, seperti Halny Creative Labs Sound Blaster Pro. Versi ini semua merupakan perintis Fitur multimedia yang terdapat di Dalam versi-versi Windows setelahnya, seperti dan Halny Windows 3.1 Windows for Workgroups, dan menjadi bagian Dari spesifikasi Microsoft Multimedia PC.

Fitur-Fitur yang di atas dan disebutkan dukungan pasar perangkat Lunak aplikasi yang semakin berkembang menjadikan Windows 3.0 sangat sukses di pasaran. Tercatat, Dalam Dua tahun sebelum versi dirilisnya Windows 3.1, Windows 3.0 terjual sebanyak 10 Juta salinan. Akhirnya, Windows 3.0 pun menjadi utama Sumba pemasukan Microsoft, dan membuat Microsoft melakukan beberapa revisi terhadap rencana awalnya.
Beralih sementara ke OS / 2

Selam pertengahan hingga akhir 1980an, Microsoft and IBM bekerja sama dan Dalam sebuah mengembangkan Sistema operasi penerus DOS, yang disebut sebagai IBM OS / 2 OS / 2 dapat menggunakan semua kemampuan yang ditawarkan oleh mikroprosesor Intel 80286 dan mampu mengakses memoria hingga 16 Megabyte. OS / 2 1.0 dirilis pada tahun 1987, yang memiliki dan Fitur change multitasking, selain tentunya mengizinkan aplikasi MS-DOS untuk berjalan di atasnya.

OS / 2 versi 1.0 hanyalah sebuah Sistema operasi yang berbasis TEKS mode / command line Saja. OS / 2 versi 1.1 yang pada tahun 1988 dirilis menawarkan antarmuka grafis, yang disebut dengan Presentation Manager (PM). Presentation Manager ini menggunakan Sistema coordinate yang sama dengan coordinate Cartesius, berbeda dengan Sistema operasi Windows dan beberapa lainnya Sistema GUI. Penggunaan Sistema coordinate tersebut menyebabkan titik x, y 0.0 pada OS / 2 diletakkan pojok pada kiri bawah layar, sementara pada Windows peletakannya pada kiri atas pojok. OS / 2 versi 1.2, yang pada tahun dirilis 1989, memperkenalkan sebuah Sistema Berka Baru, yang disebut dengan High Performance File System (HPFS), yang untuk ditujukan menggantikan Sistema Berka File Allocation Table (FAT).

Pada Awal-Awal tahun 1990an, Antara Microsoft hubungan dan IBM pun more time akibat sebuah munculnya conflicts. Hal ini dikarenakan Salinger mereka bekerja sama Dalam mengembangkan Sistema operasi Komputer pribadi nagging, nagging (dengan IBM OS / 2 dan dengan Microsoft Windows-nya), keduanya memiliki axis terhadap code nagging, nagging Sistema operasi. Microsoft menghendaki pengembangan lebih lanjut Dari Sistema operasi Windows buatannya, sementara IBM hasrat bahwa semua memiliki pekerjaan masa depannya haruslah dibuat berdasarkan Sistema operasi OS / 2 Dalam sebuah percobaan ini untuk mengakhiri conflicts, IBM, Microsoft dan akhirnya setuju bahwa akan mengembangkan IBM IBM OS / 2 versi 2.0, untuk menggantikan OS / 2 versi 1.3 dan 3.0 Windows, Microsoft sementara harus mengembangkan sebuah Sistema operasi Baru, OS / 2 versi 3.0, yang kemudian AKAN menggantikan OS / 2 versi 2.0.

Persetujuan ini pun tidak berlangsung lama, sehingga hubungan dan IBM Microsoft pun dihentikan. Akhirnya melanjutkan pengembangan IBM OS / 2, sementara Microsoft mengganti NAMA Sistema operasi OS / 2 versi 3.0 (yang belum dirilis) menjadi Windows NT. Keduanya Masih memiliki hak untuk menggunakan technology OS / 2 dan Windows yang sudah sampai dibentuk pemutusan persetujuan, AKAN tetapi, Windows NT, Benares, Benares ditulis sebagai sebuah Sistema operasi yang Baru dan sebagian Besar code BEBAS Dari code IBM OS / 2

Setelah versi 1.3 dirilis untuk beberapa masalah untuk membenarkan Dalam OS / 2 1.x versi, akhirnya merilis IBM OS / 2 2.0 versi pada tahun 1992. Versi 2.0 yang ini menawarkan peningkatan significance, yakni sebuah GUI berorientasi objek, yang disebut dengan Workplace Shell (WPS), yang di mencakup dalamnya sebuah dekstop dan dianggap oleh banyak merupakan Orang Fitur terbaik di Dalam OS / 2 Microsoft pun akhirnya  menjiplak  Dari beberapa elementary Workplace Shell pada Sistema operasi Windows 95 Tiga tahun yang kemudian dirilis. Versi 2.0 yang juga menawarkan API mendukung penuh instruksi 32-bit Intel 80386 milik, sehingga menawarkan Fitur multitasking yang Bagus dan mampu mengalamatkan memoria hingga 4 gigabytes. Meskipun demikian, banyak hal code di Dalam internal Sistema Masih menggunakan 16-bit device driver mengharuskan yang juga harus dengan menggunakan ditulis code 16-bit juga, selain beberapa hal tentunya internal lainnya. Hal ini merupakan salah Satu alasan mengapa OS / 2 driver kekurangan perangkat keras. Versi 2.0 juga mampu menjalankan aplikasi dan DOS Windows 3.0, IBM Karena memang juga memiliki hak untuk Masih menggunakan DOS code dan setelah Windows  perceraian  hubungan Antara mereka.

Pada Saat ITU, memang tidak jelas yang menjadi SIAP pemenang perlombaan Dalam yang disebut  Wars Desktop , akan tetapi pada akhirnya OS / 2 tidak mampu mendapatkan pasar yang cukup pangsa meskipun IBM pada akhirnya merilis beberapa versi OS / 2 yang jauh lebih hebat lagi setelah versi 2.0 ini.
Munculnya dualism: Windows 3.1 Turun ke pasar dan rumahan Windows NT Turun ke pasar korporat
Windows 3.1
Sebagai response Dari dirilisnya IBM  OS / 2 versi 2.0 ke pasaran, Microsoft mengembangkan Windows 3.1, yang beberapa menawarkan peningkatan less terhadap Windows 3.0 (seperti kemampuan untuk Halny menampilkan font TrueType fonts, yang secara dikembangkan bersama-sama dengan Apple), Dan juga terdapat banyak sekali di dalamnya perbaikan terhadap bug dan terhadap dukungan multimedia. Versi 3.1 menghilangkan juga untuk dukungan mode real, sehingga hanya berjalan pada mode terproteksi yang hanya oleh dimiliki mikroprosesor Intel 80286 atau yang lebih tinggi lagi. Microsoft pun pada akhirnya merilis Windows 3.11, yang merupakan versi Windows 3.1 semua yang mencakup tambalan perbaikan dan yang setelah dirilis Windows 3.1 diluncurkan pada tahun 1992.

Windows for Workgroups
Kira-Kira pada waktu yang sama, merilis Microsoft Windows for Workgroups, Baik yang tersedia sebagai tambahan untuk Windows 3.1 dan sebagai sebuah versi yang tercakup dalamnya di lingkungan dan tambahan Windows dasar kemampuan jaringan di Dalam sebuah paket. Windows for Workgroups driver mencakup jaringan Komputer dan protocol stack yang lebih Baik, dan juga jaringan secara mendukung peer-to-peer. Salah Satu opsional download untuk Windows for Workgroups adalah stack protocol TCP / IP dengan NAMA code  Wolverine , mengizinkan axis yang ke internet melalui jaringan korporat. Windows for Workgroups dirilis Dua Dalam versi, Windows for Workgroups 3.1 dan Windows for Workgroups 3.11. Tidak seperti versi-versi sebelumnya Windows, Windows for Workgroups 3.11 hanya berjalan di Dalam 386 Enhanced mode, dan membutuhkan dengan mesin setidaknya prosesor Intel 80386SX.

Semua versi tersebut terus meningkatkan menerus laju penjualan versi Windows 3.x. Meskipun Windows 3.1x Masih banyak memiliki kekurangan, yang sebelumnya telah dikoreksi oleh OS / 2, seperti yang panjang NAMA Berka (melebihi 11 rating, Dalam format 8.3), desktop, atau proteksi Sistema terhadap aplikasi yang tidak kelakuan diinginkan, Microsoft secara cepat mengambil alih GUI pangsa pasar di pasar untuk desktop IBM PC dan kompatibelnya. Windows API pun menjadi standard de-facto perangkat Lunak untuk consumption.

Windows NT

Selam waktu ITU, Microsoft melanjutkan pengembangan terus Sistema operasi barunya yang, yang disebut dengan Windows NT. Arsitek utama adalah Dari Windows NT Dave Cutler, yang merupakan salah Satu Dari pemimpin arsitek Sistema di perusahaan operasi VMS Digital Equipment Corporation (DEC), yang kemudian oleh dibeli Compaq yang sekarang Dari bagian Hewlett-Packard. Microsoft merekrut Cutler pada tahun 1988 untuk membuat sebuah versi OS / 2 yang bersifat portable, TAPI akhirnya membuat Cutler malahan Sistema operasi Baru.

Sebelum ke pindah Microsoft, Cutler sebenarnya sedang membuat sebuah operasi penerus Sistema di DEC VMS, yang disebut dengan Mica. Dan pada Saat petinggi December menggagalkan proyek tersebut, including keluar dan membawa December Dari banyak pekerja ke ahli bersamanya Microsoft. December memiliki keyakinan bahwa Cutler membawa code Mica untuk digunakan oleh Microsoft dan menuntutnya. Akhirnya, Microsoft pun kalah dan pada akhirnya disuruh membayar 150 Juta America dolar dan untuk memiliki kesepakatan mendukung chip CPU Baru buaan DEC, DEC Alpha, yang kala ITU tercatat sebagai sebuah chip tercepat, agar dapat berjalan di Dalam Windows NT.

Windows NT 3.1 (bidang pemasaran menghendaki Microsoft Windows NT agar terlihat sebagai kelanjutan Dari Windows 3.1) akhirnya muncul pertama kali Dalam bentuk Beta bagi para pengembang perangkat Lunak pada Bulan July 1992 Dalam sebuah perhelatan Professional Developers Conference (PDC) dilangsungkan yang di San Francisco, California , America Serikat. Microsoft juga untuk mengumumkan keinginannya mengembangkan sebuah Sistema operasi penerus bagi Windows NT sekaligus juga pengganti Windows 3.1 pada konferensi tersebut (yang diberi NAMA Code Chicago), yang kemudian akan menyatukan keduanya ke Dalam sebuah Sistema operasi Yang Padua. Sistema operasi tersebut diberi NAMA Cairo.

Ternyata sebuah proyek Cairo merupakan yang lebih rumit dibandingkan APA yang telah diantisipasi oleh Microsoft dan hasilnya NT dan tidak Chicago  bersatu  sampai Windows XP diluncurkan. Selain ITU, bagian-bagian Cairo belum muncul di Dalam Sistema operasi Microsoft Windows hingga Saat ini. Contohnya adalah subsistem WinFS, yang merupakan implementasi Dari Object File System di Dalam Cairo, memang sempat dikerjakan oleh Dalam beberapa waktu Microsoft, TAPI pada akhirnya mereka bahwa Microsoft mengumumkan menghentikan WinFS pengembangan dan yang akan menggabungkan technology dikembangkan WinFS untuk di Dalam dan production technology Microsoft yang lainnya, adalah khususnya Microsoft SQL Server.

Dukungan untuk device driver Windows NT juga kurang begitu banyak Karena memang untuk mengembangkan driver Windows NT rumit dianggap oleh beberapa pengembang, selain tentunya Windows NT juga memiliki superioritas Dalam model abstraksi perangkat kerasnya. Masalah ini telah menghantui semua hingga versi Windows NT Windows NT 5.0 (Windows 2000) keluar ke pasaran. Para programmer pun mengeluh bahwa untuk mengembangkan device driver Windows NT adalah sesuatu yang Hal rumit, dan para pengembang perangkat keras juga tidak mau untuk mengambil Probability mengembangkan device driver untuk sebuah Sistema operasi yang memiliki pasar pangsa Terbatas. Selain ITU, meskipun Windows NT menawarkan Performa yang Baik dan mampu mengekspolitasi Sumba Daya Sistema secara lebih efisien, Dalam beberapa Sistema dengan keras perangkat Terbatas, Windows NT dianggap sebagai yang Boros Sistema Sumba Daya. Hal ini mengakibatkan munculnya Publik opini bahwa Windows NT hanya cocok untuk mesin-mesin yang Besar dan juga jauh lebih Mahal (seperti Halny workstation DEC Alpha dengan atau yang kala Intel Pentium ITU memang Masih Baru). Windows NT juga tidak dapat bekerja untuk pengguna pribadi Karena kebutuhan Sumba dayanya Yang tinggi. Selain ITU, GUI yang digunakannya hanyalah salinan Dari GUI Windows 3.1, yang Masih kalah jauh dengan jika dibandingkan Workplace Shell milik OS / 2, Windows NT sehingga merupakan alasan bagi pengganti Windows 3.1 tidaklah masuk Akal.

AKAN tetapi, Fitur-Fitur tersebutlah yang membuat pilihan yang Windows NT sempurna untuk pasar pangsa server jaringan local (LAN), yang pada tahun 1993 sedang mengalami thriving Besar-besaran, seiring dengan jaringan di Dalam komoditas Kantor telah secara meningkat drastis. Fitur-Fitur jaringan Dalam Windows NT menawarkan beberapa pilihan yang konektivitas jaringan Luas dan juga tentunya Sistema Berka NTFS Yang efisien. Windows NT 3.51 merupakan primadona Microsoft Saat terjun ke pasar ini, yang kemudian mengambil sebagian alih Besar pangsa pasar yang sebelumnya oleh dimiliki Novell Netware beberapa tahun ke depan.

Salah Satu peningkatan terbesar Dari Windows NT adalah Application Programming Interface (API) 32-bit yang Baru, yang dibuat untuk menggantikan Windows API 16-bit yang sudah lama. API 32-bit ini dengan dinas Makan Win32 API, dan Dari sanalah Microsoft menyebut API 16-bit yang lama sebagai Win16. Win32 API memiliki Tiga buah implementasi utama: untuk Satu Windows NT (yang merupakan Win32 API terlengkap ataupun dengan dukungan ANSI Unicode), Satu untuk Win32s (yang merupakan bagian yang Dari Win32 dapat digunakan di atas Sistema Windows 3.1), dan juga untuk Satu lagi Chicago (yang hanya mendukung ANSI). Hal ini yang tinggi menyebabkan compatibility Antara Chicago dan Windows NT, meskipun dasarnya pada kedua tersebut adalah Sistema sangat jauh berbeda jika dilihat Dari arsitektur dasarnya.

Windows NT merupakan Sistema operasi Windows pertama yang dibuat dengan menggunakan kernel hibrida, setelah pada versi-versi sebelumnya hanya menggunakan kernel monolithic Saja.
Windows 95

Setelah Windows 3.11, Microsoft mulai memulai pengembangan sebuah versi Windows kepada pengguna yang berorientasi yang diberi NAMA Code Chicago. Chicago didesain agar mmeiliki dukungan terhadap secara refusal multitasking 32-bit seperti yang terdapat di Halny Dalam OS / 2 dan Windows NT, meskipun kernel 16-bit Masih terdapat di dalamnya demi alasan compatibility ke belakang. Win32 API yang pertama kali pada diperkenalkan Windows NT diadopsi pun sebagai sebuah standar antarmuka pemrograman Baru yang berbasis 32-bit, Win16 compatibility dengan juga dengan menggunakan dipertahankan sebuah teknik yang dinas Makan dengan  Thun king. GUI Baru yang juga oleh dimiliki Sistema operasi, meskipun pada awalnya Microsoft merencanakannya tidak sebagai bagian Dari Sistema operasi Saat dirilis. Memang beberapa pengguna yang elementary antarmuka dimiliki oleh Cairo dipinjam ditambahkan dan kepada Sistema operasi tersbut aspek lainnya sebagai versi Dari ITU (khususnya Fitur Plug and Play).

Microsoft mengganti tidak semua menjadi code Windows 32-bit; banyak bagian di dalamnya Masih berupa 16-bit (meskipun tidak menggunakan secara real-mode long-sung), demi alasan ke belakang compatibility, kinerja, dan waktu pengembangan. Hal ini dan Facts bahwa desain banyaknya kelemahan Dalam versi-versi sebelumnya Windows, Sistemas operasi membuat yang Baru dan ini terganggu efisiensi stabilitasnya.

Akhirnya, bagian marketing menggunakan Microsoft Windows 95 sebagai NAMA NAMA products bagi Chicago, Saat dirilis pada tanggal 24 Agustus 1995. Microsoft memiliki Dua keuntungan Dari peluncuran ini: 1) mustahil adalah bagi para consumption untuk menjalankan Windows 95 Sistema operasi DOS pada bukan buatan Microsoft yang jauh lebih murah, 2) meskipun jejak-DOS jejak tidaklah pernah dicabut Dari Sistema operasi tersebut, malahan versi tersebut menancapkan sebuah untuk versi DOS dimuat sebagai bagian Dari boot process, Windows 95 berjalan dengan sendirinya di Dalam 386 Enhanced mode, dengan menggunakan dan memoria virtual model pengalamatan memoria flat 32-bit. Fitur-Fitur ITU menjadikan aplikasi Win32 untuk mengalamatkan RAM virtual sebanyak maximum 2 gigabytes (dengan 2 gigabytes sisanya dicadangkan untuk Sistema operasi), dan Dalam teorinya mencegah aplikasi tersebut untuk mengganggu ruangan memoria yang dimiliki oleh aplikasi Win32 lainnya tanpa adanya persetujuan Dari Sistema operasi. Dalam hal ini, memang fungsionalitas Windows 95 stranger Kati APA yang oleh dimiliki Windows NT, Windows 95/98/Me meskipun tidak mendukung memoria melebihi 512 megabytes tanpa menyunting konfigurasi Sistema Yang merepotkan.

Di Balik kesuksesan Microsoft, IBM terus melanjutkan pasar OS / 2, dengan memproduksi OS / 2 versi 3.0 dan OS / 2 Warp (versi 4.0). IBM more spons keluhan diajukan yang oleh para consumption mengenai kebutuhan perangkat keras Komputer yang tinggi yang diminta oleh OS / 2 versi 2.0, OS / 2 versi 3.0 pun dibuat jauh lebih ramping dengan melakukan optimalisasi pada dan kecepatan obsolescence. Sebelum dirilis Windows 95, OS / 2 Warp 3.0 bahkan telah dibundel Dalam beberapa penyedia perangkat mayor keras di Jerman. AKAN tetapi, dengan dirilisnya Windows 95, OS / 2 lagi-lagi kehilangan pangsa pasarnya kembali, diambil oleh alih Windows 95

Mungkin tidak mungkin untuk mencari alasan Tahu APA mengapa OS / 2 gagal mendapatkan pangsa Dalam pasar yang Besar. Walaupun OS / 2 terus dapat menjalankan aplikasi Windows 3.1, sebenarnya sudah tidak ada lagi yang kekurangan, kecuali pada sebagian Dari Kecil yang disebut Windows API Win32s. Tidak seperti Windows 3.1, IBM tidak memiliki axis terhadap code Sumba Windows 95 dan tidak mau menggunakan waktu dan yang ada Sumba Daya untuk melakukan emulasi terhadap Win32 API. IBM juga memperkenalkan OS / 2 pada case Serikat America vs. Microsoft, dengan menyalahkan taktik marketing pada bagian Microsoft, TAPI Orang banyak mungkin bahwa masalah setuju di Dalam bagian marketing IBM lah dan yang sangat kurang dukungannya Dari para pengembang perangkat Lunak yang meyebabkan kegagalan-kegagalan OS / 2

Sebelum menggantinya dengan versi yang Baru Windows, Microsoft Windows 95 merilis Dalam lima versi berbeda, yakni sebagai berikut:

  • Windows 95 – rilis yang sebenarnya Dari Windows 95
  • Windows 95 A – mencakup pembaruan Original Windows 95 Service Release 1 (OSR1) yang secara dimasukkan long sung terhadap instalasi.
  • Windows 95 B – mencakup pembaruan mayor beberapa lainnya, seperti Halny Sistema Berka FAT32, dan Internet Explorer 3.0. Versi ini juga dengan dikenal Windows 95 OSR2, Orang banyak atau di Indonesia sebagai menyebutnya Windows 97
  • Windows 95 B USB – Windows 95 OSR2.1 atau merupakan versi Windows 95 menawarkan dukungan yang keras terhadap perangkat berbasis bus Universal Serial Bus / USB.
  • Windows 95 C – atau Windows 95 OSR2.5 mencakup di atas semua Fitur, ditambah Internet Explorer 4.0. Versi ini merupakan versi yang paling terakhir dirilis Dari Seri Windows 95
Windows 95 OSR2, OSR2.1 dan untuk OSR2.5 tidaklah dirilis Publik, akan tetapi hanya kepada OEM Saja yang mau menggunakan Sistema operasi tersebut ke Dalam Komputer buatannya. Beberapa perusahaan OEM bahkan menjual hard disk Baru dengan Sistema operasi Windows 95 OSR2 di dalamnya.

Selain Fitur terkandung yang di Dalam Windows 95, Microsoft juga memperkenalkan Microsoft Plus! Windows 95 mencakup yang beberapa tambahan yang tidak Fitur dimiliki oleh Windows 95
Windows NT 4.0

Merilis Microsoft Windows NT 4.0, sebagai penerus Windows NT 3.x yang sukses mengancam dominasi Novell Netware UNIX dan di pasar korporat. Windows NT 4.0 ini pada awalnya dikembangkan sebagai sebuah bagian Dari usaha untuk memperkenalkan Windows NT Workstation kepada pasar. NT 4.0 memiliki yang sama dengan antarmuka Windows 95, tetapi menggunakan kernel yang sama dengan Windows NT, sehingga lebih stable. Memang, ada sebuah patch tambahan yang tersedia untuk Windows NT 3.51 yang mampu membuat agar NT 3.51 mirip seperti NT 4.0, TAPI sangat tidak memiliki banyak dan stable bug. Antarmuka pengguna tersebut pada awalnya dikembangkan di atas memang Windows NT, Windows 95 TAPI Karena dirilis terlebih dahulu sebelum NT 4.0, Maka Orang cenderung berpikir  Windows NT 4.0 adalah jiplakan Dari Windows 95

Windows NT 4.0 datang Dalam empat versi:

* Windows NT 4.0 Workstation
* Windows NT 4.0 Server
* Windows NT 4.0 Server, Enterprise Edition (yang mencakup dukungan terhadap clustering SMP dan hingga 8-way)
* Windows NT 4.0 Terminal Server

Windows 98

Pada 25 June 1998, Microsoft merilis sebuah Sistema operasi Windows Baru, yang dikenal sebagai Windows 98 Windows 98 dianggap sebagai revisi less terhadap Windows 95, TAPI dilihat secara umum lebih jauh dan dapat stable diandalkan dibandingkan dengan pendahulunya, Windows 95 Windows 98 driver mencakup banyak perangkat keras dan Baru dukungan Sistema Berka FAT32 yang lebih Baik yang mengizinkan Partisi untuk memiliki lebih capacity Besar Dari 2 gigabytes, sebuah batasan yang terdapat di Dalam Windows 95 Dukungan USB di Dalam Windows 98 pun juga jauh lebih Baik dibandingkan dengan pendahulunya.

Windows 98 mengundang controversial Saat Microsoft Web memasukkan penjelajah Microsoft Internet Explorer ke Dalam dan Sistema operasi tidak dapat dicabut, sehingga menjadikan Windows Explorer GUI Windows dan mampu menampilkan directories seolah-Olah halaman web. Hal ini membuka case Baru, yang disebut sebagai America Serikat versus Microsoft, yang menanyakan mengapa Microsoft repot-repot menjaga dominasinya Sistema di Dalam operasi Komputer pribadi untuk berkompetisi dengan para pesaingnya seperti Netscape dan dengan cara yang IBM tidak jujur.

Pada tahun 1999, merilis Microsoft Windows 98 Second Edition, sebuah rilis menawarkan yang banyak versi sebelumnya peningkatan dibandingkan. Internet Connection Sharing, yang merupakan sebuah bentuk Dari network address translation, yang beberapa mesin mengizinkan di Dalam sebuah jaringan local agar dapat menggunakan Satu buah jalur koneksi Internet bersama-sama pun diperkenalkan pada versi ini. Banyak masalah less di Dalam Windows yang telah lama dikoreksi, yang menurut menjadikan Windows 98 Orang banyak sebagai sebuah versi Windows 9x yang paling stable di Antara semua versi Windows 9x lainnya.

Windows 2000

Microsoft Windows 2000 merilis pada 17 Februari 2000, sebuah versi yang sebelumnya dengan dikenal sebutan Windows NT 5.0 atau  NT 5.0. Versi Windows 2000 ditujukan pangsa Dua untuk pasar, yakni pangsa workstation pasar dan juga pasar pangsa server.

Di Antara Fitur-Fitur Windows 2000 yang paling significance adalah Active Directory, sebuah model jaringan pengganti model jaringan NT domain, yang menggunakan technology yang merupakan standar industry, seperti Domain Name System (DNS), Lightweight Directory Access Protocol (LDAP), dan Kerberos menghubungkan untuk Antara sebuah mesin ke mesin lainnya. Windows Terminal Services juga, yang pada Windows NT 4.0 hanya terdapat di Dalam Satu Saja production, terdapat pada Windows 2000 Dalam semua versi server. Fitur-Fitur Baru yang diadopsi Dari Windows 98 ditanamkan juga di dalamnya, seperti yang telah Device Manager ditingkatkan (dengan menggunakan Microsoft Management Console), Windows Media Player, dan DirectX 6.1 (yang memungkinkan Sistema operasi berbasis Windows NT kernel untuk menjalankan game). Windows 2000 juga merupakan versi Windows NT kernel berbasis terakhir yang tidak untuk melakukan mengharuskan penggunanya aktivasi terhadapnya.

Meskipun Windows 2000 Komputer yang dapat memperbarui sebelumnya menjalankan Windows 98, Windows 2000 tidaklah dianggap sebagai yang cocok untuk production pengguna rumahan. Alasannya banyak, di antaranya adalah kurangnya device driver untuk banyak pengguna seperti perangkat pemindai (scanner) dan juga pencetak (printer), pada Saat dirilis. Situasi tersebut akhirnya pada Saat berbalik Windows XP dirilis oleh Microsoft.

Windows 2000 tersedia enam Dalam edisi, yakni:

* Windows 2000 Professional
* Windows 2000 Server
* Windows 2000 Advanced Server
* Windows 2000 Datacenter Server
* Windows 2000 Advanced Server Limited Edition
* Windows 2000 Datacenter Server Limited Edition

Windows ME

Pada Bulan September 2000 memperkenalkan Microsoft Windows Millennium Edition (dikenal juga dengan atau sebutan Windows Me, Windows ME). Versi ini dengan memperbarui Windows 98 dukungan multimedia Internet dan yang lebih Baik. Versi ini juga memasukkan Fitur  System Restore , yang mengizinkan para penggunanya untuk keadaan mengembalikan Sistema ke sebuah titik dikenal yang Baik-Baik Saja, pada Saat Sistema operasi mengalami kegagalan. System Restore Fitur menjadi yang Masih dipertahankan pada Windows XP. Versi ini juga memperkenalkan Windows Movie Maker versi pertama.

Windows Me Dalam waktu yang dibuat singkat, Kira-Kira hanya Satu tahun, yang hanya untuk mengisi ditujukan kekosongan rilis Antara Windows 98, Windows XP dan sebagai Sistema operasi untuk kelas rumahan. Fitur-Fitur yang terdapat di Dalam Windows Me (seperti Internet Explorer 5.5, Windows Media Player 7.0, dan Microsoft DirectX 7.1) bahkan bisa secara diperoleh free domain Dari Windows Update, kecuali System Restore. Hasilnya, Windows Me pun tidak dianggap sebagai sebuah Sistema operasi unique di Antara yang saudara-saudaranya Dari keluarga Windows 9x, Windows 1995 dan Windows 98 Windows Me juga dikritik Karena munculnya kestabilan masalah, dan juga terhadap dukungan MS-DOS yang berjalan di Dalam mode real. Orang-Orang bahkan sebagai menyebut Windows Me Windows Mistake Edition.

Windows Me merupakan Sistema operasi terakhir yang dibuat berdasarkan monolithic kernel dan Windows 9x MS-DOS. Versi ini pun menjadi versi terakhir Sistema operasi Windows yang tidak memiliki Windows Product Activation (WPA).
Windows XP

Pada tahun 2001, Microsoft Windows XP memperkenalkan (yang memiliki NAMA code  Whistler  Selam pengembangan. Akhirnya, setelah beberapa versi merilis berbasis Windows NT, Windows 9x dan, Microsoft berhasil menyatukan jajaran production kedua tersebut. Menggunakan Windows XP Windows NT kernel 5.1, sehingga menjadikan Windows NT kernel yang terkenal dengan pasar kestabilannya memasuki consumption rumahan, 16/32-bit untuk menggantikan pro Windows 9x yang yang sudah berbasis menu.

Windows XP merupakan versi Sistema operasi Windows yang paling lama (paling tidak hingga Saat ini), Karena memang berkisar Dari tahun 2001 hingga tahun 2007, dirilis Saat Windows Vista ke consumption. Jajaran Sistema operasi Windows XP akhirnya diteruskan oleh Windows Vista pada 30 january 2007.

Windows XP tersedia Dalam beberapa versi:

* Windows XP Home Edition, ditujukan yang untuk pasar dan laptop desktop rumahan.
* Windows XP Home Edition N, sama seperti yang Home Edition bias, TAPI tidak memiliki Windows Media Player, Karena memang peraturan Uni Eropa tidak memperbolehkannya.
* Windows XP Professional, yang ditujukan bagi para power user dan pebisnis.
* Windows XP Professional N, sama seperti Professional Edition, TAPI tidak memiliki Windows Media Player, Karena peraturan Uni Eropa tidak mengizinkannya.
* Windows XP Media Center Edition (MCE), dirilis pada Bulan November 2002, merupakan Windows XP Home Edition yang ditujukan dektop dan untuk laptop dengan pada penekanan hiburan rumahan.
o Windows XP Media Center Edition 2003
o Windows XP Media Center Edition 2004
o Windows XP Media Center Edition 2005, yang pada dirilis December 2004 October.
* Windows XP Tablet PC Edition, yang untuk ditujukan Tablet PC (PC dengan layar sentuh)
o Windows XP Tablet PC Edition 2005
* Windows XP Embedded, yang untuk ditujukan Sistema benam (embedded systems)
* Windows XP Starter Edition, yang untuk para pengguna ditujukan Komputer di beberapa Negara berkembang.
* Windows XP Professional x64 Edition, set dirilis yang pada 25 April 2005 untuk Sistemas-Sistema rumahan dan yang menggunakan prosesor Workstation 64-bit yang berbasiskan instruksi x86-64 (AMD64 atau Intel EM64T).
* Windows XP 64-bit Edition, merupakan sebuah versi Windows XP untuk yang ditujukan jajaran prosesor Intel Itanium, yang dengan aplikasi mempertahankan compatibility 32-bit dengan menggunakan emulator perangkat Lunak. Versi ini sama dengan Saja Windows XP Professional, Dari segi Fitur-fiturnya. Production dihentikan ini pada Bulan September 2005 Saat terakhir workstation vendor berbasis prosesor Itanium menghentikan production produknya sebagai  Workstation , Karena memang mereka cenderung memfokuskan Itanium based Komputer sebagai server.
o Windows XP 64-bit Edition 2003, code dibuat berbasiskan based Windows NT 5.2 (sama seperti Windows Server 2003).

Windows Server 2003

Pada tanggal 24 April 2003, Microsoft Windows Server 2003 meluncurkan, untuk sebuah pembaruan Sistema operasi Windows 2000 Server, yang banyak menawarkan Fitur-Fitur keamanan yang Baru, pemandu  Manage Server wizard  yang menyederhanakan peranan sebuah mesin yang menjalankannya, dan juga peningkatan kinerja. Windows Server 2003 kernel menggunakan versi Windows NT 5.2.

Di Dalam Windows Server 2003, beberapa layanan yang tidak terlalu dibutuhkan di Dalam lingkungan secara default server dinonaktifkan, terutama  Windows Audio  dan  Theme  demi alasan kestabilan; Agar dapat menggunakan Suare tampilan dan yang sama dengan Windows XP, pengguna harus mengaktifkannya secara manual, melalui snap-in Microsoft Management Console Services.msc Selain ITU, akselerasi perangkat keras untuk kartu grafis dimatikan juga, lagi-lagi pengguna harus mengaktifkannya secara manual, tentu jika Saja device driver yang digunakan  bisa dipercayai.

Pada Bulan December 2005, merilis Microsoft Windows Server 2003 R2, yang merupakan Windows Server 2003 Service Pack 1 ditambah dengan beberapa paket tambahan. Di Antara semua Fitur-Fitur barunya adalah Fitur-Fitur Yemen mana untuk Kantor, Kantor cabang, dan integrasi identity Yang Luas.

Windows Server 2003 tersedia Dalam lima buah edisi:

* Windows Server 2003, Web Edition
* Windows Server 2003 Standard Edition
* Windows Server 2003 Enterprise Edition (32-bit dan 64-bit)
* Windows Server 2003 Datacenter Edition
* Windows Server 2003, Small Business Server

Windows Fundamentals for Legacy PCs sebagai platform thin client

Pada Bulan July 2006, Microsoft merilis sebuah versi Windows XP Service Pack 2, yang untuk pasar ditujukan thin client, yang disebut sebagai Windows Fundamentals for Legacy PCs (WinFLP). WinFLP hanya tersedia bagi para pelanggan Microsoft Software Assurance. Tujuan adalah untuk dibuatnya WinFLP memberikan pilihan kepada para upgrade pelanggannya yang Masih menggunakan Windows 95, Windows 98, Windows Me, dan Windows NT Workstation. Sebagian Besar pengguna aplikasi di atas mesin dijalankan jarak jauh dengan menggunakan atau Citrix Terminal Services.
Windows Vista

Setelah meraih kesukesan Besar dengan Windows XP, Microsoft tidak begitu Lanta berhenti Saja mengembangkan Windows. Versi terbaru Dari Windows, disebut dengan Windows Vista, dirilis pada tanggal 30 November 2006 [1] kalangan bisnis bagi sementara untuk pengguna kalangan rumahan dirilis pada tanggal 30 january 2007. Windows Vista memang dicanangkan agar memiliki keamanan yang lebih tangguh dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya, dengan sebuah memperkenalkan mode pengguna yang Terbatas, yang disebut sebagai User Account Control (UAC), untuk menggantikan philosophy  administrator-by-default  yang diberlakukan pada Windows XP. Windows Vista juga memperkenalkan Fitur Grafik yang jauh lebih  memikat , yang disebut dengan Windows Aero GUI, aplikasi yang Baru (seperti Halny Windows Calendar, Windows DVD Maker Baru dan beberapa game termasuk Chess Titans, Mahjong, dan Purble Place). Selain ITU, Windows Vista versi juga menawarkan Microsoft Internet Explorer yang lebih aman, Serta Windows Media Player versi Baru (versi 11).

Windows Vista menggunakan nomor versi 6.0, sehingga memang terdapat perbedaan versi yang jika significance dibandingkan dengan Windows XP yang menggunakan nomor versi 5.1 atau Windows Server 2003 (5.2). Karena, memang memiliki banyak Windows Vista perbedaan yang mendasar, khususnya pada bagian dasar arsitektur Sistema operasi.

Windows Vista dijual Dalam beberapa edisi:

* Windows Vista Starter
* Windows Vista Home Basic
* Windows Vista Home Premium
* Windows Vista Business
* Windows Vista Enterprise
* Windows Vista Ultimate

Windows Home Server

Windows Home Server (sebelumnya memiliki NAMA Code Q singkatan Dari Quattro) merupakan sebuah server yang pro diturunkan Dari Windows Server 2003, yang khusus untuk didesain digunakan oleh para pengguna rumahan Dari consumption. Sistema operasi ini pada tanggal diperkenalkan 7 january 2007 oleh Bill Gates. Windows Home Server dikonfigurasikan dan dapat dengan menggunakan program dipantau console yang dapat diinstalasikan pada sebuah PC Klien. Windows ini memiliki Fitur Media Sharing, backup terhadap conduct local station jarak dan jauh, dan duplikasi Berke.

Windows Server 2008

Windows 2008 Server, adalah sebuah versi Baru Windows Server, yang untuk dijadwalkan dirilis pada tanggal 27 Februari 2008. Pada Saat pengembangannya, Windows Server memiliki NAMA code  Windows Server codenamed Longhorn.  Windows Server 2008 dibangun di atas beberapa keunggulan technology dan keamanan yang pada awalnya diperkenalkan dengan Windows Vista, dan ditujukan agar bisa lebih modular secara significance, ketimbang pendahulunya, Windows Server 2003.

Windows 7

Rilis selanjutnya adalah setelah Windows Vista Windows 7, dengan yang sebelumnya dikenal sebutan dan Blackcomb Vienna. Saat pertama Kali dirilis, Windows NT kernel ini memiliki versi 6.1 build 7600, yaitu perbaikan Dari Windows Vista dimana rilis Saat pertama memiliki kernel NT 6.0 build 6000 Windows 7 dirilis yang pada tanggal 22 October 2009 ini memiliki keamanan Fitur dan yang Baru, diantaranya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan Kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain. Beberapa yang Fitur unique adalah yang Sidebar rock anti NAMA Gadget dan menjadi BEBAS ditaruh kemana-mana pada desktop (tidak seperti yang hanya bisa Sidebar diletakkan di tempat tertentu). Fitur ITU membuat Windows 7 menjadi menarik. Spesifikasi Windows 7 ringan lebih dan lebih murah juga harganya Dari pada Windows Vista.

Sama seperti Windows Vista, Windows 7 juga terdiri 6 edisi yaitu:

* Windows 7 Starts
* Windows 7 Home Basic
* Windows 7 Home Premium
* Windows 7 Professional
* Windows 7 Ultimate
* Windows 7 Enterprise

SEJARAH OS MACINTOSH
Macintosh (Mac disingkat Atau) Adalah salah Satu Jenis PC diproduksi oleh yang berbasis PowerPC Apple Computer.
Dinamakan McIntosh Jenis yang yang merupakan apel disukai Jef Raskin, Macintosh diluncurkan pada Januari 1984 dengan sebuah Super Bowl Iklan yang sangat terkenal. Adalah yang pertama komputer Mac GUI mempopulerkan (antarmuka Grafis pengguna / GUI), yang pada sebuah perkembangan waktu ITU revolusioner Dalam Dunia perkomputeran office.
Jenis-Jenis Macintosh
• 1984: Macintosh 128K, Macintosh 512K
• 1986: Macintosh More
• 1987: Macintosh II, Macintosh SE
• 1988: Macintosh IIx
• 1989: Macintosh SE/30, IIcx Macintosh Macintosh IIci, Macintosh Portable
• 1990: IIfx Macintosh, Macintosh Classic, Macintosh IIsi, Macintosh LC Series
• 1991: Macintosh Quadra, PowerBook
• 1992: IIVX Macintosh PowerBook Duo
• 1993: Centris Macintosh Color Classic, Performa, Macintosh TV
• 1994: Power Macintosh
• 1997: Power Macintosh G3 PowerBook G3, Twentieth Anniversary Macintosh
• 1998: iMac
• 1999: iBook, Power Macintosh G4
• 2000: Power Mac G4 Cube
• 2001: PowerBook G4
• 2002: eMac
• 2003: Xserve, Power Mac G5, iMac G4
• 2004: iMac G5
• 2005: Mac mini
Versi pertama dari Mac OS mudah dengan sistem yang dibedakan Operasi lain yang sama dari period, Karena tidak menggunakan sebuah command line interface, merupakan sistem Operasi yang pertama menggunakan Macintosh interface yang ke pemakai Grafis seluruhnya. Ditambah inti system (kernel) Adalah Finder suatu aplikasi manajemen file yang Mampu menampilkan tampilan Desktop.
Preview 2. Original Mac OS desktop (1984)
Versi ini Hanya pada aplikasi bisa menjalankan Satu waktu yang sama aplikasi khusus shell Meski demikian bisa bekerja di Sepert Switcher sistem ini sampai level tertentu. Sistem 1.0, 1.1, 2.0 file dan sistem yang menggunakan suatu sama dengan Satu  kludged  level folder (tidak ada sub-folder), Macintosh File System (MFS), dukungannya terhadap subdirektori tidak sempurna. Baru pada Sistem 2.1 (Finder 5.0) yang memperkenalkan HFS (Hierarchical File System) yang mempunyai Direktori riil. 3.0 sistem yang pada diperkenalkan Mac Plus menambahkan dukungan untuk beberapa AppleTalk Teknologi baru yang protokol mencakup (untuk jaringan koneksi) dan SCSI memperkenalkan  Trash  untuk tempat yang telah dibuang-file (di-delete). Sistem 4.0 tampil Macintosh II dan pada Mac SE.
Perubahan di awal sistem Operasi yang terbaik dicerminkan pada versi Macintosh Finder, di mana antara terobosan terobosan Utama dan versi baru ditemukan 1.x, 4.x, 5.x, 6.x dan
• System 1.0, Finder 1.0 (January 1984)
• System 1.1, Finder 1.1g (May 1984)
• System 2.0, 4.1 Finder (April 1985)
• System 2.1, Finder 5.0 (September 1985)
• System 3.0, Finder 5.1 (January 1986)
• System 3.2, 5.3 Finder (June 1986)
• 3.3 system, 5.4 Finder (January 1987)
• System 3.4, Finder 6.1
• System 4.0, 5.4 Finder (March 1987)
• System 4.1, 5.5 Finder (April 1987)

1984 – System 1
Mac OS Bukan yang pertama Grafis menerapkan tampilan, tetapi ada yang lebih dulu Sukses, yakni: Xerox. Hanya saja untuk mengembangkannya tertarik Merek tidak, dan Bukan Karena tidak menguntungkan bagian inti Bisnis Merek.

Tampilan memiliki sistem Suite 1, Jendel, icon, mouse menggunakan sebuah, menus, scrollbars dan. Terdapat saturation dan system folder  Folder yang kosong  (Empty Folder) untuk membuat file yang DAPA mengubah nama baru dari suatu folder Empty Empty Folder Maka akan dengan pengganti seketika muncul.

1985 – System 2

Membuat sistem Mampu Finder melakukan lebih cepat duapuluh Kerja persen. Close All Perintah dan us put dihapuskan, dan ditambahkan stop New Folder, Disk dikeluarkan sekarang dengan ke-DAPA men slide  Bin icon-nya, sebag perintah Ganti Eject dan kemudian ke men-slide  ; Bin icon-nya. List View struktur yang tidak ditambahkan Dalam, di mana di Dalam suatu folder disusun Secara vertikal Kecil dengan icon. Choose Apabila aksesori printer ditambahkan, maka akan secepatnya Selector Masuk Dalam.

1986 – System 3
System 3 kecepatan meningkatkan sistem Finder. Hierarchical File System (HFS) menggantikan Macintosh File System (MFS) dan dari Systems 1 2 – Akan file-folder terlihat didalam folder (subfolder sebag). Zoom ditambahkan di kotak sebelah kanan Ujung title bar, Meng-klik-nya akan membuat ukuran sesué window berubah dengan isi file Jika mungkin – Meng-klik-nya lagi akan membuat Kembali ke window sebelumnya ukuran. Trash Icon membesar sesuatu ketika di ditaruh dalamnya. Sistem 3.1 meningkatkan performa Sedik.
Sistem 3.2 bug tigapuluh memperbaiki. Calculator dibaharui sedemikian rupa sehingga s  screen keyboard bisa digunakan menyerupai aslinya Kalkulator keyboard.
3.3 untuk sistem telah ditingkatkan AppleShare (Macintosh file sharing model lama).
1987 – System 4
System 4 diperkenalkan pada sistem dan Macintosh SE Macintosh II. Sistem dukungan menambahkan 4 monitor multiple System 4.1 disk untuk menambahkan dukungan disk 32 MB Sistem 4.2 menerapkan MultiFinder – by antar pemakai bisa memilih Finder, yang pada waktu Hanya Satu mendukung program yang sama dan MultiFinder yang bisa berbagai mendukung program.  The Macintosh Finder  memperlihatkan alokasi yang digunakan untuk program-memory program yang terinstall. Program in Control Panel dimasukkan Juga telah. Sistem 4.3 Hanya upgrade layanan – memperbaiki dan bug update driver  printer.

Sistem Software 5 (System 5 dikenal sederhana Juga sebagai yang), Penambahan MultiFinder, suatu Sistem tambahan, untuk pengganti Search menjalankan sekaligus yang bisa beberapa program. Waktu yang diberikan kepada aplikasi Hanya ketika bekerja di background didepan tampil aplikasi yang (dijalankan). Aplikasi-aplikasi berjalan dengue (cooperative multitasking), give kebanyakan perubahan dilakukan melalui faktanya penanganan OS. Perubahan pada yang penting yang remained Adalah QuickDraw Mac System 5 color, Deng Deng sama Macintosh II. Ini mendasari rancangan perubahan termasuk desain grafik arsitektur nya API), Apple kebanyakan kredit ini tetapi merupakan suatu yang ke paragraph pemakai, barangkali give kode yang tidak penting Adalah kiss perduli sebagian pada hal ini.

Software 5

Sistem Sistem Operasi yang merupakan Macintosh Pertama Dari , Macintosh System Software  denga nomore version, file digunakan untuk Finder are penomoran System.
• System Software 5.0 (System 4.2, Finder 6.0, MultiFinder 1.0)
• System Software 5.1 (System 4.3, Finder 6.0, MultiFinder 1.0)

1988 – Software System 6

System Software 6 menjalankan yang bisa sebuah aplikasi desktop Dalam dua
Pertama cooperative multitasking Macintosh mandibular Maret 1985 debut denga sebuah program yang diberi nama switch, you give mengijinkan untuk berbagai aplikasi lainnya meluncurkan pendukung program. Meskipun begitu, tampilan Banyak yang tidak program berfungsi give Baik denga Switcher, Karena ia tidak di launch denga sekaligus operasinya Sistem, Karena dari lisensi Apple OS diperoleh Haruz terpisah Secara. The software system 6 ITU menonjolkan Lebihan sendiri / memperkenalkan MultiFinder.
Di Bawah multitasking software system 6 opsional Adalah – – start dijadikan MultiFinder atau bisa Finder. Jika terpilih MultiFinder, Finder are fungsi nya tetap berjalan, meskipun Sedang suatu aplikasi berjalan. Mengijinkan MultiFinder User environment window untuk melihat program sebelumnya yang berjalan untuk melihat seperti Finder icon trash remained aplikasi atau dari jendela Yang Yang Sedang berjalan di belakang Låtar.
• System Software 6.0 (System 4.4, Finder 6.1, MultiFinder 1.1 – Dari version nomore ke file system are 6.0 dirilis Telah dirubah MultiFinder Skip sebelum ke)
• System software 6.0.1
• System software 6.0.2
• System software 6.0.3
• System software 6.0.4
• System software 6.0.5
• The system software 6.0.6, never released
• System software 6.0.7
• System software 6.0.8 (identical to the 6.0.7 system, but is not configured with the printing system software 7.0 to share a printer with System 7)
• 6.0.8L System Software (for Macintosh Classic, Classic II, PowerBook 100, Macintosh LC, LC II)

1990 – System 7

Review of On 2 System 7.5.3
7 Adalah perubahan yang Sistem Sistem Bagi fence kiss ITU perangkat Lunak waktu. Isu menghapuskan System 7 Finder / MultiFinder – Search System 7 mengubah multitasking Adalah yang Baik MultiFinder Lebihan agar. Memori Manajemen Juga dapat memeriksa Secara Memori seksama 32 Mb, Mac mengijinkan Lebihan Günak untuk dari 8 MB of RAM – ke Dalam Sistem Operasi terintegrasi, virtual memory – Tak Bagi yang menggunakan suatu terpakai Dari Ruang untuk HDD Memori pengganti – Pertama ini merupakan hal diterapkan di system 7.7. ViaAppleTalk networks are berbagi file via AppleShare dibangun Dalam Sistem Operasi pilihan ke, sebagai. Quicktime multimedia Lunak Juga merupakan hal perangkat Pertama pada waktu ini – Secara terpisah tetapi tersedia.

Sebuah ditambahkan di menu sebelah Kanan give Ujung dari menu bar – Application Menu, Daftar yang menunjukkan given user program yang untuk mengakses diijinkan. Ke Kemudian denga Menu application Help menu. berubah Trash folder Jadi sebagai suatu yang Benar, artinya disitu materials yang tinggal ditaruh Sampaio dipilih perintah Empty Trash. Dicopy Kemudian sebagai oleh Windows Shortcuts – Dulu Lebihan muncul di system 7.7. Drag and drop – di mana dari Bagi dari suatu teks yang bisa terpilih saturation diseret Bagi Bagi yang ke remained, sebagai Ganti copy paste dan. Search System 7 akhirnya mengambil dari monitor kelebihan Warna – membuat beberapa elemental tampilan interface Kecil yang seperti three dimension.
7.0.1 Sistem yang merupakan produk spesial release, (dengue specific system Performa 7.0.1 pemakai mempermudah baru untuk orang menggunakan komputer apple. (Performa komitmen merupakan komputer Apple Selam Bagi beberapa Tahuna ITU)
Sistem 7.1 Sources folder menerapkan mudah sehingga bisa sedemikian ditambahkan give dipindahkan – Merek ditanam sebelumnya di-dan Dalam rencana System Enabler – model yang baru bisa berarti suatu file diganti denga Ganti sebagai suatu Enabler version membaharui seperti untuk under 6.0.1-6.0.8 Systems.

Mac OS 7.5 are 7.6.1.
Mac OS 8-1997

Mac OS 8.
Merubah Mac OS 8 Finder. Akhirnya multithreaded Finder (dapat melakukan program running Lebihan saturation dari pada waktu yang sama). Juga Multithreading komputer ITU Lebihan pengolah denga berarti dari Hasil saturation Akan mengalami yang Baik Lebihan search. Search dirubah tampilan Keseluruhan agar dari dimensi terlihat Lebihan Tiga. Lebihan Penampilan Banyak Juga dibuat customized search.. To pemakai Web Sharing Web diijinkan pribadi ke komputer lokal di Halama Merek.

Mac OS 8.1 HFS + Adalah yang mempopulerkan fence. Versi pengembangan dari hierarchical file system ini yang Banyak diperkenalkan denga membebaskan Ruang System 3 megabytes Ratus beratus – hard disk space 1 GB Dari Lebihan kiss.

Mac OS 8.1 version Juga merupakan yang mendukung Mac 68K version Semu Hanya yang bisa komputer berjalan ditipe PowerPC.

Mac OS 8.5 Sherlock diperkenalkan yang, pencarian tingkat lanjut merupakan program yang digunakan di lokal driver, Jaring Internet server dan. Mac OS 8.5.1 Telah melakukan pengembangan updating. Mac OS 8.6 menambahkan Search denga suatu pilihan ke Content Sherlock, Catu Daya ditingkatkan manajemen yang terhadap dukungan give FireWire USB.
Mac OS 9-1999

Mac OS 9.
Several users ditambahkan pada Mac OS 9.9, user registration Dimana diijinkan untuk yang mempunyai adjustment in Merek configurasi sendiri. AppleTalk over TCP / IP diterapkan Juga. User bisa meng-update software di Internet, they remained menginformasikan ke pemakai TERBARU update tentang yang.

Mac OS 9.0.2 9.0.3 dipaketkan give denga model yang khusus.
Mac OS 9.0.4 Semu Pada paket yang pernah ada lagi disatukan, lama version Kompatibel denga version Mac OS X Public Beta.

Mac OS 9.1 (cukup stability) Dengue beberapa give peningkatan penambahan Window menu. Mac OS 9.2 Hanya tersedia sebagai system pre-installed, Lallman denga  Quicksilver  PowerMac G4 dirilis Tahuna yang di Musim panas 2001. Mac OS 9.2.1 seger dilepaskan give dimainteance setelah di perbaharui, Serta direkomendasikan untuk di tampilan Classic Mac OS X 10.1. Mac OS 9.2.2, terakhir version, Tahuna dipenghujung dirilis 2001, dengue meningkatkan tampilan Performa classic.
Mac OS X 10.0 10.1 justru tersebut are classic low-me-kan.

Mac OS X (baca: Mac OS Ten), Tahuna diluncurkan pada 2000.

paket Box Mac OS X desktop are tampilan
Mac OS X version Adalah TERBARU Sistem Operasi dari komputer untuk Mac OS Macintosh. Sistem Operasi Pertama kali ini pada Tahuna dikeluarkan 2001.
Karakter  X  sepuluh Adalah yang berarti Romawi nomore, Dimana version penerus ini dari Sistem Operasi Adalah yang digunakan sebelumnya seperti give Mac OS 8 Mac OS 9. Beberapa orang sebagai membacanya Huroof  X  yang seperti terdengar  ex. Merek mengapa saturation Salah Alasan menafsir sedemikian tradisi Karena nama untuk memberikan Sistem Operasi yang berbasis UNIX akhira denga  x  (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix).
Mac OS X Server Juga pada Tahuna dirilis 2001. Dasarnya ini pada server version mirip denga standard version, dengue perbedaan Bahwan mencakup server version piranti Lunak untuk manajemen keperluan working group are administrasi komputer Dalam berskala kiss. FITUR tambahan yang tersedia untuk Contoh ini Adalah version piranti Lunak untuk fungsi-fungsi seperti menjalankan SMTP, SMB, LDAP DNS dan. ITU Selain melisensinya face Berbedes Juga.
Mac OS X Adalah yang menggunakan Sistem Operasi BSD kernel sehingga beberapa Kalanga mengatakan Bahwan Mac OS X Unix Masuk Keluarga Dalam. Hal yang menarik dari OS sehingga ini Adalah keindahan tampilannya menjadikannya Bagi pengembang contoh model remained Deskop. Mac OS ini di Bulan Mei 2005 Sekito luncurkan nama kode denga give Tigre version 10.4.
Ambush-ambush OS X:
• Mac OS X Server 1.0 code name Rhapsody, dirilis: Maret 1999.
• Mac OS X Public Beta codenamed Kodiak, dirilis: September 2000.
• Mac OS X 10.0 (updated 10.0.1-10.0.2-10.0.3-10.0.4) codenamed Cheetah, dirilis: Maret 2001.
• Mac OS X 10.1 (updated 10.1.1-10.1.2-10.1.3-10.1.4-10.1.5) codenamed Puma, dirilis: Oktober 2001.
• Mac OS X Server 10.1 (updated 10.1.1-10.1.2-10.1.3-10.1.4-10.1.5) codenamed Puma, dirilis: November 2001.
• Mac OS X 10.2 (updated 10.2.1-10.2.2-10.2.3-10.2.4-10.2.5-10.2.6-10.2.7-10.2.8) codenamed Jaguar, dirilis: Agustus 2002.
• Mac OS X Server 10.2 (updated 10.2.1-10.2.2-10.2.3-10.2.4-10.2.5-10.2.6-10.2.7-10.2.8) dirilis Agustus 2002.
• Mac OS X 10.3 (updated 10.3.1-10.3.2-10.3.3-10.3.4-10.3.5-10.3.6-10.3.7-10.3.8-10.3.9) codenamed Panther, dirilis Oktober 2003.
• Mac OS X Server 10.3 (updated 10.3.1-10.3.2-10.3.3-10.3.4-10.3.5-10.3.6-10.3.7-10.3.8-10.3.9) dirilis Oktober 2003.
• Mac OS X 10.4 (updated 10.4.1-10.4.2-10.4.3-10.4.4-10.4.5) Code Name: Tigre, dirilis: April 2005.
• Mac OS X Server 10.4 (updated 10.4.1-10.4.2-10.4.3-10.4.4-10.4.5) dirilis: April 2005.
• Mac OS X 10.5 dirilis (HAMP) Dengue Windows Vista Bersama

Mac OS X 10.0  Cheetah
Mac OS X 10.1  Puma , 2001
Mac OS X 10.2  Jaguar , 2002
Mac OS X 10.3  Panther , 2004
Mac OS X 10.4  Tiger , 2005
Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: