Skip to content

Pembuatan Telor Asin Khas Brebes

March 22, 2011

Usaha yang saya amati di daerah tempat saya yaitu industri kreatif Telor Asin, bisa di bilang makanan khas tempat saya di lahirkan. Telor asin, mungkin tidak semua orang suka. Khas sekali makanan ini, entah bagaimana sejarah asal mulanya bisa muncul telor yang dibikin asin, yang saya tahu semua orang sering menyebut makanan ini berasal dari daerah Brebes.

Dari telor hijau atau dari telor seekor bebek yang bisa menghasilkan telor yang rasnya asin dengan pengolahannya yang begitu rumit dan dengan proses waktu yang lama untuk membuatnya. Saya sendiri tidak tau-menau asal muasal pembuatan telor asin khas Brebes tapi kemungkinan karena Brebes itu terletak di daerah pantura dan kondisi iklimnya pun cukup bagus untuk peternakan dan pertanian. Jikalau anda- nda mudik dan melewati jalan pantura dari pinggiran kota sampai jantung kota Brebes tumpukan telor asin banyak terpajang di etalase toko. Dan dari pusat kota menuju ke kawasan wisata pantai Randu Sanga banyak berdiri kandang bebek (itik) yang dari sanalah bahan baku telor asin itu diperoleh.

Dulu waktu masih SMA ada acara kunjungan industri daerah Brebes yaitu mengunjungi salah satu sentra industri pembuatan telur asin dari bebek yang terletak di Desa Lamaran, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes. Industri ini berskala rumah tangga dan menengah sehingga hampir setiap rumah di desa ini memproduksi telur asin yang bermacam-macam ragamnya.

Langsung saja ke TKP…….(hehehehe…..)

Proses membuat telur asin masih menggunakan cara yang tradisional atau sederhana lebih tepatnya tidak bisa automatic (hehehe….). Sebelumnya harus dilakukan pemilihan telur yang bagus dan baik atau layak untuk di buat telur asin yang lezaaaaaaaat yaitu telurnya tidak mengalami retak atau pecah dan bukan telur yang telah dibuahi (telur tetas). Telur bebek yang sudah dipilih dan dibersihkan harus dilumuri dengan adonan tanah liat yang telah dicampuri dengan air, abu gosok, dan garam laut. Telur bebek dilapisi adonan kurang lebih 1cm dan diakhiri dengan pemberian lapisan abu gosok.

 

 

Telur yang sudah selesai dil lumuri adonan tanah liat dimasukkan kedalam sebuah tempat atau peti untuk disimpan selama 14 hari atau 2 minggu. Setelah 2 minggu, lapisan tanah liat dibersihkan sampai bersih sampai tidak ada kotoran di pori-pori kerabang telur. Ada beberapa teknik pemasakan telur bebek asin yaitu direbus, dipanggang, dan dioven.

 

 

Perbedaan teknik pemasakan telur bebek asin mempengaruhi tekstur dan rasa. Telur bebek asin yang mengalami proses perebusan bertekstur basah dan berair. Telur bebek asin yang mengalami proses pemanggangan dan oven memiliki tekstur kesat dan memiliki rasa yang khas. Keunggulan telur bebek asin yang dimasak melalui proses pengovenan adalah lebih tahan lama dan kandungan nutrisi telur tetap terjaga.

Telur bebek asin Brebes ini memiliki ciri khas yaitu gurih, rasa asin yang merata di sebuah bagian telur dan warna merah kecoklatan pada kuning telur yang kaya akan omega-3 dan protein. Sedikit berbeda dengan telur bebek asin yang sekarang banyak di jumpai di daerah-daerah lain. Harga jual telur bebek asin di Brebes antara Rp1.800,- hingga Rp2.4000,- untuk telur rebus, antara Rp2.200,- hingga Rp3.000,- untuk telur yang dioven atau dipanggang.

 

 

Gambar macam-macam telor asin : ………….(langsung yah…….).

 

Ini merupakan telor asin yang cara pemaskannya dengan merebus. Di liat dari penampakannya telor asin tidak menarik untuk di makan tapi kalau sudah di rasakan atau di makan waduuuuuuuh bisa ketagihan untuk mencoba berkali-kali.

 

Gambar tersebut merupakan telor asin yang masaknya dengan cara pemanggangan. Di liat dari telornya bisa di ambil perbedaan dari kuning telornya yang warnah nya begitu agak merah tapi butek dan rasanya pun lebih enak dibandingkan yang rebus harganya pun agak miring sedikit dibanding yang direbus.

 

Ini merupakan gambar dari telor asin yang pemasakannya menggunakan Oven. Dari segi bentuk di bandingkan keduanya sudah sangat jelas tekstur pemasakan yang di oven lebih butek warna telornya dan agak kecoklat-coklatan. Dari pemasakan ini ada ke untungannya yaitu lebih tahan lama karena telornya kering dan rasanya pun lebih nikmat dari pada yang laen serta harganya pun lebih mahal dari keduanya.

 

Demikian cerita industri kreatif dari tempat saya yang sudah di amati dari dulu….mungkin bagi anda-anda yang belum mencoba Telor Asin khas Brebes wajib banget mencobanya agar bisa merasakan kenikmatan dan enaknya macam-macam Telor Asin di Brebes… Jangan lupa kalau anda mudik atau dalam perjalanan pantura harus mampir sejenak ke Brebes untuk mencoba dan membeli oleh-oleh dari brebes ini.

 

 

 

8 Comments
  1. sultoni ibnu permalink

    untuk pemesanan ke jakarta berapa harganya ?

  2. wah, makasih artikelnya Om, bermanfaat bgt.
    saya pengen tanya, gimana perbedaan cara masak yang panggang dan oven? karena saya pernah denger panggang dan oven itu sama aja.

    makasih…

    • oh ya siapz…..wah kalo d panggang tuh cara masak nya gimana yah saya aja kurang tahu tapi kalo d oven kita masuk’in d oven dan hasil nya lebih enak d jamin…..

  3. oh gitu… boleh donk Om sekali-kali di-post cara bikin telor yg oven. saya pengen coba jualan sambil kuliah, hehehe lumayan buat tambahan uang saku

  4. zip… buat belajar ipa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: